Sunday, December 17, 2017

JARINGAN MAN



Jaringan wilayah Metropolitan Area Network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.
Untuk bisa membuat sebuah jaringan MAN, biasanya akan dibutuhkan operator telekomunikasi yang man dapat menghubungkan antara jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya, misalnya saja, jaringan Depdiknas antar wilayah atau kota bahkan pula jarngan mall-mall agar dapat saling berhubungan dengan antara kota yang ada. MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya
Jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km. jaringan MAN hanya mempunyai satu atau dua kabel namun tidak di lengkapi dengan elemen switching yang dapat berfungsi untuk mengatur paket daya dengan melalui kabel output.

FUNGSI JARINGAN MAN

Fungsi dari jaringan MAN sendiri adalah untuk membangun serta mengimplementasikan system jaringan yang mengkombinasikan antara server dengan tujuan untuk bisa memenuhi segala kebutuhan internal perusahaan dan pemerintahan yang di dalam mengkomunikasikan sebuah jaringan yang digunakan sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan semisal chat, messenger, dan lainnya dengan menggunaka bandwith lokal.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan MAN  

Berikut ini beberapa kelebihan dari jaringan MAN yang perlu anda ketahui :
1.     Server yang berada di kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari semua kantor cabang yang ada.
2.     Transaksi yang dilakukan real-time (data yang ada di server pusat akan di update saat itu juga)
3.     Cakupan wilayah dari jaringan lebih luas dibandingkan dengan sistem jaringan komputer lainnya, sehingga berkomunikasi dapat menjadi lebih efisien dan tentu saja mempermudah bisnis yang dilakukan.
4.     Komunikasi yang dilakukan antara satu kantor dengan lainnya dapat menggunakan chatting, email dan lainnya.

                                                                     
Berikut ini beberapa kekurangan dari jaringan MAN yang perlu anda ketahui :
1.     Biaya operasional dari jaringan MAN lebih mahal dibandingkan jaringan lainnya.
2.     Instalasi dari infrastruktur tidak mudah.
3.     Jika terjadi trouble pada jaringan semisal network trouble shoot akan rumit untuk mengatasinya. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaikkinya.
4.     Dapat menjadi target dari para cracker yang mana digunakan untuk keuntungan pribadi.


Pada penjelasan ini dapat disimpulkan jika jaringan MAN merupakan jaringan komputer yang mengcover sebuah lingkup wilayah kota serta merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jaringan MAN ini dapat mudah ditemukan pada sekolah, kantor, pabrik, dan sebagainya.

0 comments: