Saturday, March 31, 2018

Peran Teknologi Dalam Bisnis


 

Di era globalisasi ini, teknologi komunikasi seolah tak bisa dibendung lagi dalam kehidupan sehari-hari. Keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain dalam membantu kehidupan manusia dan keduanya memiliki peranan tersendiri. Kemajuan teknologi sangat terasa dalam bidang IT atau teknologi informasi. Teknologi dan informasi sangat menunjang bagi kehidupan manusia dalam berbagai bidang seperti ekonomi, pendidikan, bisnis, kesehatan, pariwisata, dan lain-lain.
Komunikasi penting sekali dalam dunia bisnis, apabila komunikasi bisnis berjalan dengan lancar, benar, dan efektif, maka kegiatan bisnis akan berkembang, serta akan terjalin hubungan baik antara pebisnis dengan customer. Begitu juga dengan teknologi yang telah banyak digunakan untuk mendukung pebisnis. Pebisnis membutuhkan waktu efisiensi dan biaya, menyembabkan mereka membutuhkan teknologi dalam kegiatan bisnisnya. Komputerisasi merupakan program atau teknologi yang menunjang dalam bidang bisnis. Mulai dari input data, proses data, menyimpan data, dan mendistribusikan data. Yang semua di lakukan oleh komputer sehingga berjalan secara otomatis dan tidak dikerjakan secara manual lagi. Teknologi san komunikasi sangat penting dalam dunia bisnis.

Berikut adalah peranan/manfaat teknologi dalam dunia bisnis:

1. Sebagai alat untuk menggerakan perbuatan atau reaksi pesan (komunikator).
2. Komunikasi bisnis dengan peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
-  Pergerakan bisnis semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data, dan informasi)
-  Lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, dan
    bahkan dalam menghadapi persaingan bisnis.
3. Keuntungan menguasai Teknologi Informasi
a. Dalam bidang sosial
-  Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah
   komunikasi anatara suatu tempat ke tempat yang lainnya.
b. Dalam bidang ekonomi
-  Semakin maraknya pengguna TIK akan semakin membuka
    lapangan pekerjaan.
-  Bisnis yang berbasis TIK atau biasa disebut e-commerce dapat
   mempermudah transaksi-transaksi bisnis suatu perusahaan atau
   perorangan.
-  Dengan fasilitas pemasangan iklan internet pada situs-situs
    tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran
    suatu produk.
-  Penerapan TIK dalam dunia bisnis.
Dalam dunia bisnis, teknologi informasi dan komunikasi sangat penting terutama untuk menciptakan produk baru yang lebih bagus dari produk sebelumnya. Hampir semua bisnis memanfaatkan TIK. Saat ini banyak dilakukan jual beli secara online, hal ini adalah salah satu pemanfaatan TIK dalam dunia bisnis. Dengan menggunakan jaringan internet dan beberapa perangkat lainnya yang mendukung hal tersebut maka bisnis bisa semakin terus berkembang dan cepat maju.

Sistem informasi adalah salah satu cara agar organisasi bisnis dapat memberikan keunggulan kompetitif. Teknologi informasi merupakan sumber daya keempat setelah sumber daya manusia, sumber daya uang, sumber daya mesin yang digunakan untuk membentuk dan mengoperasikan perusahaan. Teknologi informasi dalam organisasi akan membantu penyediaan informasi dalam pengambilan keputusan seorang menajer dalam suatu perusahaan dengan cepat.

Itu lah beberapa peran teknologi dalam dunia bisnis yang dapat Ane Share  semoga bermanfaat bagi semua pembaca....

0 comments: