Saturday, December 23, 2017

JARINGAN WAN


Jaringan Wide Area Network yang biasa di singkat WAN merupakan jaringan komputer yang mencangkup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota bahkan Negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini jika Wide Area Network sudah mencangkup area intercontinental maka disebut jaringan informasi global atau internet.
Konsep Jaringan WAN
Wide Area Network (WAN) mencangkup daerah geografis yang luas, seringkali mencangkup sebuah Negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program aplikasi. Mesin-mesin ini sebagai host. Istilah End System kadang-kadang juga digunakan dalam literature. Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi, atau cukup disebut sabnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari host ke host lainnya, seperti halnya system telepon yang membawa isi pembicaraan dari pembicara ke pendengar. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni sebuah jaringan(subnet) dari aspek-aspek aplikasi (host), rancangan jaringan lengkap menjadi jauh lebih sederhana.
                
Keuntungan Jaringan WAN
§  Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
§  Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-mail dan Chat.
§  Dokumen/file yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relative lebih murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
§  Pooling data dan updating data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

Infrastruktur Jaringan WAN
Seperti LAN (Local Area Network), terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN. Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut adalah:
1.     Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge.
2.     ATM Switch, Switch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.
3.     Modem and CSU/DSU, modem mengkonversi sinyal digital dan analog.
4.     CSU/DSU (Channel Service Unit/Data Service Unit), mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital.
5.     Communication Server adalah server khusus bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.
6.     Multiplexer, sebuah multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkuit (circuit)
7.     X.25/Frame Relay Switches menghubungkan data lokal/private melalui jaringan data, menggunakan sinyal digital.

1 comments:

Unknown said...

kurang jelas pemahamanya
gan