Sunday, December 10, 2017

PERBEDAAN SISTEM KOMPUTER, TEKNIK INFORMATIKA, DAN SISTEM INFORMASI

 Setiap penulis ditanya oleh teman atau saudara, jurusan Sistem Komputer itu apa sih? Itu IT ya? SK itu SI kan? Sistem komputer, Teknik Informatika, dan Sistem informasi itu 3 hal yang berbeda. Nah, artikel ini penulis buat khusus buat yang baru Lulus SMA atau SMK yang mau lanjut ke perguruan tinggi, dan bingung dengan ketiga jurusan ini, agar tidak salah jurusan.

       Yang pertama adalah Teknik Informatika. Teknik Informatika adalah suatu disiplin ilmu yang menangani proses analisis, perancangan dan implementasi software serta pemilihan hardware yang sesuai bagi suatu aplikasi menggunakan prinsip logika dan teknik algoritma, yang secara efisien mentransformasikan problem di dunia nyata ke dalam bentuk solusi, nah berarti jurusan Teknik Informatika lebih fokus mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan komputer, terutama dalam bidang software/perangkat lunak. Bisa dikatakan bahwa Teknik informatika lebih mempelajari bagian software seperti C,C++,C#,Java, dll  dalam suatu komputer.


       Yang kedua adalah Sistem Informasi. Jurusan Sistem informasi juga mempelajari dasar-dasar bidang Teknik Informatika, tetapi Sistem Informasi juga mempelajari tentang dasar-dasar bidang bisnis dan manajemen. Jadi permasalahan di bidang bisnis bisa diselesaikan dengan adanya Teknik Informatika oleh seorang analisis sistem atau pakar Sistem Informasi. Jadi, sistem informasi menjebatani manajemen dan pengguna di sisi bisnis dengan para ahli Teknologi Informasi dengan cara menerjemahkan kebutuhan bisnis/pengguna secara akurat ke dalam rancangan dan spesifikasi teknis sesuai dengan standar yang berlaku di industri IT.


       Berikutnya yang ketiga adalah Sistem Komputer. Jurusan sistem komputer mempelajari tentang desain,rancangan konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer. Jurusan ini juga kadang-kadang disebut Teknik Komputer. Nah Sistem Komputer itu lebih mempelajari hardware pada suatu komputer, dan juga bisa dikatakan kombinasi antara Teknik Elektro dengan Teknik Informatika. Jadi, Seorang sarjana Sistem Komputer mampu merancang, menganalisis, mengimplementasikan, meningkatkan kinerja serta mengelola suatu sistem komputer atau aplikasi berbasis microprosesor dan komputer dengan menggunakan teknologi yang ada untuk keperluan komersil. Bisa dikatakan untuk jurusan Sistem Komputer lebih mempelajari hardware contohnya seperti mikrokontrollerdi dalam suatu komputer.

0 comments: