Tuesday, March 27, 2018

CARA MENGATASI PAPER JAM PADA PRINTER CANON MP287

Cara Mengatasi Paper Jam Pada Printer Canon Mp287

 


Ya sesuai dengan pengalaman, saya pernah mengalami yang namanya eror E03 atau yang sering disebut paper jam pada printer canon mp287
Saya sangat bingung kenapa printer hanya bisa buat narik kertas sebelah saja, dan ada tulisan di display printer eror E03, saya terus cari solusi dari tanya temen yang jago printer tapi tidak ada balasan sama sekali lalu saya coba googling saya menemukan cara googling dimana suruh membongkar semua perangkat printer. Saya disitu tambah bingung dimana printer yang eror ini masih garansi otomatis jika saya bongkar semua printer garansi dari canon pasti void. Saya terus memikirkan eror ini sampe tidak bisa tidur.. hehehe
Penyebab dari papare jam atau eror e03 memang sangat banyak sekali yaitu bisa dari:
- Ada sesuatu yang tersangkut pada rol printer
- Bisa ada masalah pada sensor kertas
-Dan masih banyak lagi pastinya…
Saya bingung disitu karena saya tidak bisa apa-apa dan saya coba terus terus googling dari sumber-sumber terpercaya, dan saya ambil keputusan untuk mencoba berbagai cara yaitu:
1. Karena paper jam saya lakukan pengecekan pada bagian bag cleaning headnya
2. Cek roll penggulung kertas mungkin ada benda/kertas yang nyangkut, bisa juga potongan pipet dalam keadaan kecil
3. Bersihkan sensor kertas, timing disk, dan encorder terutama yang terkena tinta.
4. Cek tempat parkir catridge biasanya ada robekan kertas.
5. Bila cara di atas gak berhasil cara terakhir ganti sensor kertasnya.
Dan pada kasus saya adalah ada benda yang nyangkut di roll penggulungan kertas, dimana saya paksa untuk keluar benda tersebut dengan cara print secara terus menerus dan saya tarik dari depan kertas nya, karena jika saya bongkar semua garansi void,


hehe saying kan kalo garansi void.

Dan alhamdulilah benda yang membuat printer canon mp287 eror E03 saya pun keluar, dan saya coba print permasalah eror E03 atau yang dikenal dengan paper jam sudah terselesaikan, dan hasil print saya berjalan mulus lagi tanpa ada kendala seperti itu lagi…
 


Bagi para sobat yang pernah mengalami bahkan sedang mengalami eror e03 atau paper jam jangan panik, karena saya pas menglami paper jam ini saya panik sekali dan bisa dibilang stress.. hehe
Coba cek satu persatu dari roll nya sampai dudukan catrdige nya, kalo perlu ada tindakan untuk membongkar printer, bongkar saja kalo ada komponen yang harus diganti coba diganti dulu, yang penting hati-hati dan ingat saja semua komponen bautnya hehehe..

Selamat mencoba semoga berhasil ..

0 comments: