Wednesday, March 28, 2018

Yang Dibutuhkan Untuk Membuat PC Rakitan

Yang Dibutuhkan Untuk Membuat PC Rakitan
Asallamualaikum wr.wb
Bagaimana kabarnya semua hari ini, semoga selalu dalam lindungan Allah Swt, pemilik alam semesta .. amin
Mau cerita sedikit nih, saya memang sangat suka sekali dengan dunia teknologi tapi saya gaptek tidak tau apa-apa, apalagi masalah rakit merakit pc.
Coba saya browsing kesana kemari cari tentang hardware apa saja yang dibutuhkan untuk merakit pc. Dan saya pun sudah mengetahui sekarang , memang banyak sekali hardware yang diperlukan untuk 

merakit personal computer ini, salah satunya adalah mainboard atau yang biasa disebut motherboard, motherboard sendiri banyak sekali macam nya..
Oke kita bahas aja ya apa aja yang dibutuhkan untuk merakit pc, cekidot..
Berikut ini adalah hardware yang dibutuhkan untuk merakit pc :


1.Mainboard
Mainboard atau motherboard adalah pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Karena mainboard ini suatu papan untuk meletakan berbagai hardware-hardware yang lain. Mainboard juga merupakan bagian utama karena berisi system BIOS (Basic Input Output System), pengatur koneksi input-output (chipset), soket prosesor, soket memory (RAM), soket grafis dan lain sebagainya..
Beberapa merk mainboard antara lain Asus, Gigabyte, Msi, Asrock, dll.




          
2.Cassing
Casing merupakan tempat atau wadah untuk bagian komponen lain dari perangkat pc itu sendiri . kalo gak ada casing bisa aja si tapi kan terlalu bahaya jika ada anak kecil. Casing ada yang mahal ada yang pas juga buat kantong kita. Beberapa merk casing diantara lain Power Logic, Dazumba, Castello, dan mash banyak lagi. Tergantung kalian mau pake yang mana.



    
3.Prosesor
Prosesor merupakan otak dari sebuah computer yang menjalankan proses serta pengendalian kerja computer yang berkerjasama dengan perangkat computer lainya, menggunakan prosesor dengan kemampuan tinggi mungkin idaman bagi para pengguna pc. Namun ada yang perlu diperhatikan apakah prosesor yang kita pilih compatible dengan mainboard kita atau tidak. Beberapa perusahan yang mengeluarkan prosesor adalah Intel, dan Amd, dll. Tetapi intel dan amd lah yang merajai pasar sekarang.
     


4.Memory RAM
RAM (Random Aces Memory) adalah merupakan tempat penyimpanan sementara pada computer saat dijalankan. Fungsi ram juga adalah mempercepat pemrosesan data pada computer, semakin besar ram yang digunakan , maka semakin cepat dan ringan juga kerja computer pengguna, namun sepet halnya prosesor, ram yang anda pilih juga harus compatible dengan mainboard yang pengguna beli juga..misal mainboard DDR1, DDR2, DDR3 bahkan DDR4.
     


5.Hardisk
Hardisk merupakan tempat penyimpanan utama yang berskala besar pada computer, berbeda dengan RAM, hardisk disini berfungsi sebagai penyimpanan data-data pibadi anda. Kapasitas tergantung anda yang inginkan, ada yang dari 180Gb, 500Gb, sampai bahkan 2Tb pun ada.


6.CD/DVD ROM (Drive Optik)
Drive optic merupakan pemutar atau penggerak pada sebuah cd/dvd. Juga berfungsi untuk membaca atau menulis.
     


7.VGA Card
Vga card merupakan kartu grafis yang berfungsi untuk mengolah data grafis yang ditampilkan pada layar monitor. Vga pun memiliki prosesor yang disebut GPU (Graphics Processing Unit). Untuk  vga sendiri sudah ada di dalam satu paket dengan mainboardnya namun kecepatannya hanya 64Mb sampai 256Mb saja. Jika untuk keperluan standart saja akan mampu tetapi jika pengguna adalah seorang gamer atau designer tentu pengguna membutuhkan Vga Card ini.
     


8.Keyboard dan Mouse
Keyboard dan Mouse merupakan perangkat alat masukan (input), bila device ini tidak ada, maka pengguna tidak akan bisa bekerja pada PC pengguna.




9.Monitor
Monitor merupakan layar media keluaran (Output) yang membentuk gambar visualisasi system operasi yang ada di Pc pengguna. Monitor juga sangat penting dalam merakit pc, tanpa monitor Pc anda tidak akan keluar tampilanya.

     


Ya itulah sedikit hardware yang dibutuhkan untuk membuat PC rakitan. Tentu masih banyak lagi hardware yang dibutuhkan tetapi hardware di atas cukuplah untuk membuat PC standart buat sehari-hari bahkan untuk kantoran, jika pengguna seorang gamer tentu harus ada hardware-hardware yang khusus untuk mempercepat elektabilitas dan kemampuan PC nya tentunya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil…



0 comments: