Saturday, December 16, 2017

JARINGAN LAN


Jaringan LAN(Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencangkup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus, gedung, sekolah, kantor, dalam rumah dan yang lebih kecil. Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakn perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seseorang pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:
- Mempunyai pesat data yang lebih tinggi 
- Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
- Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi 
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua system di dalam jaringan. 

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan LAN
Kelebihan Jaringan LAN
1. Memiliki jaminan keamanan yang lebih karena fasilitasnya dalam menggunakan IP local jaringan hanya dengan switch kemudian router.
2. Dapat melakukan penggunaan sumber daya secara bersama-sama.
3. Melakukan transfer file melalui suatu server pengatur keluar-masuk informasi adalah hal yang memungkinkan.
4. Penggunaan dengan LAN dapat membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien, keamanan kerahasiaan data maupun investasi terjamin karena LAN memiliki system pengatur password.
5. Bisa menciptakan jaringan hubungan antar system dan berbagai merk system yang terhubung ke terminal lebih banyak.
6. Tidak banyak penggunaan kabel.

Kekurangan Jaringan LAN 
1. Penggunaan banyak komputer/PC dalam jaringan LAN malah membuat koneksi internetnya sangat lambat.
2. Software yang di pakai perlu dikendalikan dan bila menggunakan multiuser softwarenya harus dirancang terlebih dahulu.
3. System satu jaringan kemungkinan besar password bisa di tembus.
4. LAN begitu Lambat di speed modemnya.
5. Karena semua komputer/PC terhubung dalam satu jaringan atau topologi maka ketika salah satu terinfeksi virus, komputer lainnya juga akan bervirus.