Friday, March 30, 2018

Teknologi Pada Zaman Dahulu

Komunikasi merupakan kebutuhan hidup manusia yang sangat penting sekali. Kita tidak bisa berhubungan dengan orang lain secara jarak jauh tanpa adanya alat komunikasi. Teknologi komunikasi berkembang dari yang sangat sederhana ke teknologi yang modern.
Tentu saja teknologi komunikas pada zaman sekarang ini sangat berbeda dengan masa teknologi komunikasi pada zaman dahulu.

Teknologi Komunikasi Pada Zaman Dahulu
Orang-orang zaman dahulu sudah menggunakan alat-alat komunikasi untuk saling berhubungan jarak jauh, tentu alat nya tidak secanggih dan sebagus pada zaman sekarang ini. Pada zaman dahulu orang menggunakan alat; kentongan, tali, merpati, surat, dan kurir dan masih banyak lagi untuk berkoumunikasi.
1.   Kentongan


 

Alat ini digunakan dengan cara dipukul dengan menggunakan sebuah alat yang terbuat dari kayu/bambu. Kentongan pun terbuat dari kayu/bambu juga.
Alat ini biasanya digunakan untuk memberi tahu sesuatu berita atau peristiwa yang terjadi.

2.   Tali pohon




Alat komunikasi ini cara berkerjanya adalah dengan cara seutas tali yang panjang dan dibentangkan dari satu pohon ke pohon yang lain, yang di ujung talinya diberi kaleng atau alat-alat yang bila di tarik akan mengeluarkan bunyi/suara.

3.   Hewan merpati pos
 

Hewan yang bernama burung merpati mempunyai jasa kepada orang di zaman dahulu. Bahwa untuk menyampaikan surat banyak orang dulu menggunakan burung merpati agar dapat berkomunikasi, maka ada istilah merpati pos adalah untuk menjelaskan bahwa burung merpati mempunyai peran sebagai pengganti pak pos pengirim surat sebelum kantor pos ada.

4.   Daun lontar
 

Daun lontar adalah media atau sarana dalam menulis surat atau pesan kepada orang lain. Sebelum kertas belum ada, sehingga daun menjadi pilihan orang zaman dulu untuk menyampaikan pesan, selain untuk menulis surat daun lontor pada masa kerajaan juga digunakan sebagai media untuk menyampaikan maklumat/pengumuman kepada rakyatnya.

5.  Telepon kaleng

 


 Kaleng yang dihubungkan dengan benang dan bisa mendengar suara orang dengan jarak tertentu menjadi alat komunikasi zaman dulu juga. Namun jarak yang digunakan untuk berkomunikasi dengan alat tradisional ini tidak begitu jauh jaraknya, paling hanya sekitar 5 sampai 10 meter-an.

6.   Gong dan Gamelan musik


Alat yang terkenal dari suku jawa ini, selain sebagai alat musik tradisional kedua alat musik ini juga pada zaman dulu digunakan untuk berkomunikasi. Ini terlihat dengan seringnya suatu kelompok meresmikan suatu acara dengan memukul gong.

Ya itulah sedikit penjelasan teknologi komunikasi pada zaman dulu yang Ane share ke kalian semuanya, mungkin banyak sekali teknologi zaman dulu yang tidak bisa disebutkan semuanya disini....


0 comments: